Minggu, 18 Desember 2011

Penyebab Batuk

Batuk sebenarnya bukanlah suatu penyakit melainkan adalah sebuah pertahanan sistem pernapasan y terhadap bakteri atau penyebab lain . namun apabila batuk yg dirasakan tidak sembuh juga . hal itu jangan di remehkan ... mengapa ..??

karena apabila di biarkan bisa bisa akan terjadi infeksi saluran pernafasan ... sangat berbahaya bukan ...

tetapi apakah anda tau batuk yg paling berbahaya . dalam sejarah mengatakan bawah  batuk yang paling mematikan adalah batuknya Napoleon Bonaparte. Saat berperang di Timur Tengah tahun 1799, dia bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza.Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat, ia mengatakan "Ma sacre toux" ("Batuk sialan"). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan "Massacrez Tous" ("Bunuh Semua"). Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jenderal. 

yang pertama adalah batuk kering atau tidak berdahak ...

saya copi dari klikDokter 

Batuk kering dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk itu perlu diketahui karakteristik batuk tersebut, seperti lama batuk dan pencetus batuk. Selain itu gejala-gejala lain yang menyertai dapat membantu mencari penyebabnya.

Beberapa orang mulai batuk ketika menghirup udara yang panas atau kering. Hal ini dapat disebabkan oleh alergi atau iritasi dari lingkungan. Batuk kering yang lama biasanya disebabkan oleh iritasi karena asap rokok, iritan-iritan lain, alergi, atau asma. Beberapa penyakit paru kronik juga dapat menyebabkan batuk kering yang lama. Refluks asam lambung pun dapat menyebabkan batuk kering kronik. Biasanya keadan ini disertai gejala-gejala lain seperti rasa panas yang menjalar di dada atau tenggorokan, atau meningkatnya produksi air liur. Penyebab lain adalah influenza, obat-obat jantung atau tekanan darah tertentu, serta infeksi virus biasa.

Jika memang penyebabnya adalah iritasi atau alergi maka perlu dihindari hal-hal yang menimbulkan iritasi (seperti asap rokok) ataupun alergi (seperti debu). Apakah Ibu memiliki riwayat alergi lain, seperti alergi makanan, suka bersin-bersin, mata berair pada keadaan tertentu? Apakah Ibu ada riwayat asma yang dapat juga ditandai dengan napas yang berbunyi ngik-ngik setiap ada serangan atau batuk-batuk yang muncul terutama pada malam hari?  Apakah keluarga (orang tua, kakak-adik) yang memiliki riwayat alergi atau asma?
Pada kasus batuk yang sudah berlanjut lebih dari 5 hari ( seperti pada kasus Anda), dan tidak kunjung hilang dengan obat serta sudah mulai disertai dahak yang berwana kuning-kehijauan, sebaiknya Ibu berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. 

yang kedua adalah Batuk Berdahak 

saya copy dari blog rany waisya ..

Selain itu, ada pula batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi yaitu makanan yang merangsang tenggorokan. Ada pula karena kanker. Batuk karena orang sering merokok sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk berdahak pada orang yang sakit disebabkan oleh adanya kalainan dalam tubuh terutama pada saluran napas atau bronkitis.

Gejala-gejala. Batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

Jika tidak segera diobati, bisa terjadi batuk berdahak akut. Bila sudah akut kemungkinan besar sulit diobati. Tambahan lagi, batuk berdahak yang berlebihan akan menimbulkan infeksi. Batuk berdahak yang terlalu sering akan membuat tenggorokan menjadi luka dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan.
Pengobatan. Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari tempat yang berdebu atau pun makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari juga udara malam karena suhunya yang dingin.

mungkin Solusinya adalah minum Obat batuk sesuai anjuran Dokter ... sesuai Resep 
banyak banyak minum air putih ...

Dan sebagai penutup...
Tahukan anda bahwa 99% manusia pernah batuk..? Sisanya yang tidak pernah batuk adalah bayi yang lahir langsung meninggal. Jadi cuman sempat oooe, klepek..

Dan tahukan anda..
Bahwa 99% orang yang pernah batuk tidak dapat menjilat sikunya sendiri..?
Dan fakta menyebutkan bahwa 99% orang yang baca ini pernah kepikiran untuk mencoba menjilat sikunya sendiri...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More